Sabtu, 09 April 2016

Karena Lembaga KEUANGAN bukan sekadar untuk cari UANG

Sebenernya gw udah lama kepikiran hal macam ini, tapi gw nggak tau mau numpahinnya dimana. Dan karena akhir2 ini temen2 gw pada rame ngomongin, akhirnya gw putusin buat blog dadakan untuk nulis semua isi pikiran gw.

Akar dari semua tulisan gw ini adalah ketakutan saat ngebayangin kalo nanti gw bener2 keterima disana dan udah benar2 terjun di dunia kerja yang sebenarnya. Bekerja di lingkungan kementrian keuangan, yang katanya menjanjikan potensi “keuangan” yang menjanjikan. Apa benar? Apa sih yang ngebuat tempat ini begitu diminati?
Apa sih yang ngebuat para orang tua berbondong-bondong menyuruh anak-anak mereka sekolah di sana? Apa benar kuliah disana menyenangkan? Apa benar kehidupan masa depan akan terjamin jika telah menyelesaikan kuliah disana? Apa benar mereka akan bahagia setelahnya? Apa sih sebenarnya motivasi mereka pengen kuliah disana? Ikut2 temen? Nurut kata orang tua? Atau malah nggak punya alasan sama sekali?

Mungkin lo udah pada tau tempat yang gw maksud ini. Ya, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, atau lebih populer masyarakat menyingkatnya dengan nama STAN. Di sini gw coba ngungkapin uneg-uneg yang selama ini menggaung di kepala gw. Sebelumnya, gw mau bilang kalo ini cuman murni hasil renungan gw pribadi, mungkin ada beberapa yang tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya dilapangan, tapi inilah gambaran besarnya menurut gw. Okay, Lets start it…
Pertama-tama, gw mulai dengan fenomena yang kini mungkin dialami seluruh siswa kelas 12 dari Sabang sampai Merauke, yup, apalagi kalo bukan nentuin kemana arah hidup setelah selesai 12 tahun menuntut ilmu di pendidikan wajib. Apa mau kuliah, kerja atau nikah? (jangan sampek elo pilih pilihan terkahir :v). Dan bagi yang mau kuliah, tentu musti nentuin kampus mana yang bakal mereka pilih buat ngelanjutin studinya. In this case, menurut gw ada 3 golongan dari semua calon lulusan tahun 2016 ini. Yang pertama, tipe yang tenang-tenang aja karena nilai-nilai rapotnya tinggi-tinggi (konon tingginya ngalahin monas). Dengan kata lain, tipe ini ngandelin jalur SNMPTN buat nentuin masa depan pendidikannya (gw sangat gak nyaranin elo buat jadi golongan ini). Yang kedua adalah golongan yang udah mantep nentuin pilihannya dan siap melangkah ke jenjang yang lebih serius (wkwk). Maksud gw disini adalah orang2 yang udah nentuin mau kemana dia setelah lulus nanti. Bedanya sama golongan pertama adalah disini mereka sama sekali nggak bergantung sama SNMPTN, mereka sadar kalo SNMPTN gak lebih dari sekadar pemberi harapan palsu yang siap kapan saja menyakiti hati mereka yang sudah terlanjur dibuat nyaman (*ups) dan mereka menyadari kalo system penilaian di SNMPTN itu abstrak banget dan sulit dipahami, sesulit memahami isi hati cewek :v At least, orang2 pada golongan ini cenderung lebih mempersiapkan buat tes-tes seleksi, macam SBMPTN, SIMAK UI, UM UGM, dll. (gw harap elo ada di golongan ini sekarang). Dan golongan terkahir adalah golongan orang2 yang masih pada galau mau nerusin kemana, masih ngalor-ngidul cari info buat jurusan yang cocok sama mereka. Disini gw mau fokusin di golongan ketiga yang notabene masih labil banget hatinya nentuin pilihan (emang memilih itu susah bro kalo elo kagak punya prinsip).

Dan elo yang mungkin masih ada di golongan ketiga, saat ini  mungkin sedang galau-galaunya nentuin pilihan. Someday, elo pasti pernah mutusin buat nanya ke orang tua buat sekadar minta saran. Dan disinilah gw ajak lo kembali ke pembahasan awal.

“Udah, nyoba tes STAN aja, ntar enak nyari kerjanya” 

Dari hasil pengamatan gw, sharing sama temen, dan apa yang gw alami sendiri, gw bisa simpulin 8 dari 10 orang tua bakal ngasih saran kayak gitu saat anak mereka lagi confused nentuin mau kuliah dimana. Emang, apakah benar semudah itu nantinya?

Gw nggak akan terlalu membahas apa aja yang bakal elo pelajari kalo elo belajar di STAN, (kalo penasaran lo bisa klik tautan ini https://www.zenius.net/blog/11175/kuliah-di-stan-kampus-kedinasan-pns ) tapi gw bakal ngomongn apa aja yang menurut gw bakal gw hadapin setelah gw nyelesaiin kuliah disana.
 
Tentu, namanya saja sekolah ikatan dinas, pasti ada ikatan diantara kita (*ups) maksud gw, pasti ada ikatan antara lembaga pendidikan ini dengan lembaga pemerintah yang nantinya akan menyerap tenaga kerja dari lembaga pendidikan tsb. Logikanya memang gw bakal lebih mudah nyari pekerjaan kalo gw lulusan sekolah ikatan dinas. Tapi apa itu cukup dan sesuai buat gw? Entahlah, gw hanya membayangkan masa-masa kerja gw, duduk seharian, menatap monitor, nulis, garap proposal, nyelesaiin jurnal2, dll. Bakal ngisi hari-hari gw. Dan gw mulai berpikir, how boring it all? Apakah gw bakal melalui hari-hari yang se monoton itu setiap harinya? Apakah gw bakal berangkat pagi, duduk, istirahat, duduk lagi dan pulang malem karena ngejar deadline? Dan esoknya gw harus mengulangi hal yang sama? Dan itu untuk berpuluh-puluh tahun? Hal ini adalah pikiran menyeramkan yang selalu menghantui gw tiap harinya. Apa bener hidup gw bakal se-boring itu? Apa gw sanggup nantinya?

Apa elo pernah mikirin hal-hal seperti ini? dan apakah elo juga ketakutan kayak gw? Atau malah sebaliknya?

Gw cuman mau nanya sama elo, yang mungkin banyak dari elo yang juga daftar di STAN tahun ini. Apa sih motivasi lo pengen kuliah disana? Cuman ikut2an temen? Nurutin kata orang tua? Atau apa? Sebelum lo lanjut baca mending lo jawab dulu deh pertanyaan gw ini. Udah? Oke, lanjut…
Sedikit advice, pilihan lo sekarang mungkin akan mempengaruhi keseluruhan dari hidup lo. Karena ini bakal nentuin pekerjaan lo, penghasilan lo, gimana keluarga lo, dan gimana masa tua lo nanti. Semua tergantung dari elo sendiri, semua bersumber dari diri lo sendiri.

Kalo di kepala lo masih ada pemikiran “gw mau kuliah di STAN karena gw bakal lebih mudah cari kerjaan nanti, dan  hidup gw bakal lebih terjamin setelah pensiun”, mending elo STOP keinginan lo kuliah disana. Lembaga2 keuangan di Indonesia saat ini butuh yang lebih daripada yang sekadar kerja, cari uang, makan dan pulang. Lo lihat betapa keuangan Negara kita semakin kacau dari hari ke hari, hutang2 ke luar negri bertambah banyak. Para pejabat yang kebanyakan mementingkan nasib perutnya sendiri. “Ah, gw nggak akan gitu kok”, mungkin itu yang terlintas di pikiran lo sekarang. Tapi yakin deh, semua bakal berubah suatu saat nanti kalo lo punya jabatan/kekuasaan, atau minimal punya kedudukan lah. Itu bakal terjadi kalo lo nggak punya prinsip dalam dunia kerja, a.k.a dulu niat awalnya emang kerja cuman buat cari duit aja.

Dan berita-berita seperti di bawah ini bakal terus ada kalo kita cuman ngikutin arus tanpa berpikir bahwa ada yang musti diperbaiki di aliran air ini. 


Dua artikel di atas cuman sebagian kecil gambaran aja tentang kondisi lembaga2 keuangan di Indonesia belakangan ini.

Dan kalau sebagian besar pemangku jabatan maupun pegawai di wilayah lembaga2 keuangan hanya memiliki prinsip cuman “asal kerja” saja, sudah pasti Indonesia yang bakal kewalahan menghadapi kasus-kasus besar seperti yang sekarang sedang hangat dibicarakan, apalagi kalau bukan Panama Paper (yang kabar baiknya menurut beberapa sumber yang gw baca, dirjen pajak udah punya data yang mendukung dan katanya lebih detail dari yang akan dipublikasikan ICIJ nantinya. Tentu ini bakal jadi penentu apakah Panama Paper akan jadi badai atau cuman hujan rintik-rintik di bumi nusantara)

So, Lembaga keuangan kita butuh yang lebih, mereka butuh orang2 yang peduli dengan negaranya, bukan yang cuma berpikir, “ah sudahlah, wong dari dulu juga udah kek gitu. Yang penting gw kerja bener dan bisa ngasih makan keluarga”, Lembaga keuangan kita butuh yang lebih, butuh orang2 yang nggak tahan dengan situasi seperti ini. Orang2 yang punya dedikasi tinggi untuk membuat perubahan, orang2 yang bener2 pengen mengabdikan dirinya untuk membenahi struktur keuangan di Indonesia saat ini, dan inilah yang sampai saat ini gw sendiri belum bisa dapetin. Gw masih menelaah gimana kemampuan gw jika benar2 terjun di dunia ini. Apa gw sanggup? Apa gw bakal jadi kayak orang2 kebanyakan yang cuman sekadar mencari UANG di Lembaga KEUANGAN? Apa gw bener2 bakal bosan dengan situasi kerjaan seperti itu dan akhirnya menyerah dan berkata “ah sudahlah, memang dari sononya udah seperti ini”. Atau bagaimana? Entahlah gw sendiri juga nggak tau.

Gw disini gak bermaksud buat bikin kalian tambah galau atau bikin yang setengah2 berhenti ditengah jalan, atau berharap dengan ini gw bisa ngurangin saingan untuk lolos tes usm nantinya. Justru sebaliknya, gw ngajak kalian yang udah daftar buat USM STAN tanggal 15 Mei nanti, buat mantepin hati, nentuin target yang jelas, dan membuat visi yang jelas. Indonesia butuh kalian, Indonesia butuh pikiran-pikiran baru dari kalian, dan STAN butuh kalian yang berkemauan untuk memperbaiki tatanan keuangan di republik ini.

Berhentilah ingin kuliah disini hanya untuk jaminan penghasilan, ubah niat itu menjadi niatan untuk membuat sesuatu yang lebih baik untuk negeri ini.

Gw harap elo juga mikirin hal-hal seperti ini. Apa sebenernya motivasi lo kuliah di PKN STAN. Pikirin baik-baik, syukur2 elo emang punya passion dan spirit buat ngerubah tatanan keuangan di Indonesia. Lo nggak usah berpikir itu adalah impian yang terlampau besar, emang buat lo sekarang jalan itu masih terlalu jauh, tapi kan emang gitu kodratnya. Sebuah perjalanan 1000km harus dilalui dengan perjalan2 kecil sejauh 1km terlebih dahulu. Gw nggak tau apakah nantinya gw bakal masuk kesana atau enggak, bakal kuliah disana atau enggak. Mungkin saat ini gw emang kurang suka dengan gambaran pekerjaan yang bakal gw dapet nantinya setelah lulus dari sana, tapi kalo emang  ditakdirkan jalan gw kesana, gw nggak akan nolak, gw open minded dengan apa-apa disekitar gw nantinya. Dan mungkin dari ketidaksukaan gw sekarang ini, malah bisa muncul solusi-solusi dari permasalahan klasik disana nantinya. Karena di agama gw selalu ngajarin seperti ini : “boleh jadi elo benci apa yang sebenernya baik buat lo, dan boleh jadi elo suka terhadap apa yang sebenernya buruk buat lo”. Percaya men, suka dan benci itu sekatnya tipis banget. Mungkin apa yang Tuhan kasih bukan yang terbaik menurut lo, tapi percayalah, Tuhan ngasih itu untuk bikin lo jadi labih baik dan Dia yakin elo bisa mengubah apa yang nggak baik itu menjadi yang terbaik dengan cara lo sendiri.

Tulisan ini sebenernya gw kira nggak cuman relevan untuk peminat STAN aja, tapi juga untuk seluruh pendaftar sekolah kedinasan tahun ini, bahkan seluruh calon mahasiswa baru yang kini sedang dalam masa transisi.

Dan tulisan ini hanyalah hasil pemikiran dan renungan seorang bocah 18 tahun yang tentu masih banyak kekurangan disana-sini. Dan gw bakal seneng banget kalo ada yang mengkritisi gw tentang tulisan gw ini. 

At last, pesen gw sebagai seseorang yang sama2 bakal jalanin USM bulan depan, jangan takut untuk bermimpi, jangan takut untuk perubahan, jangan pernah merasa kecil untuk sebuah mimpi dan perubahan yang besar. Negara ini butuh elo buat memperbaikinya, Bangsa ini butuh elo, Merah Putih butuh lo buat mengibarkannya tinggi-tinggi. Dan kalaupun nggak terlibat langsung di lingkungan pemerintahan, masih banyak cara untuk itu.
Ibu pertiwi ingin putra-putri terbaiknya naik tahta dari berbagai penjuru untuk mengembalikan kembali kejayaan Republik ini. Ayo, saatnya buat Indonesia bangga pada kita.

Salam dari Ponorogo untuk seluruh calon mahasiswa baru 2016.
DTE…. April 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar